Yayasan Srikandi Lestari Bagikan Minyak Goreng di Desa Lubuk Kertang

20
Yayasan Srikandi Lestari Bagikan Minyak Goreng di Desa Lubuk Kertang

Lubuk Kertang – Yayasan Srikandi Lestari lakukan kegiatan sosial dengan membagikan bahan makanan berupa minyak goreng kemasan 5 liter kepada Kelompok Perempuan Indah Lestari di Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, Rabu (23/5/2020) sekira jam 18.00 WIB.

Selain membagikan belasan paket minyak goreng, Direktur Yayasan Srikandi Lestari Sumiati Surbakti juga memberikan edukasi tentang kesehatan kepada para peserta yang hadir. Dalam hal ini, Yayasan Srikandi Lestari menyampaikan edukasi tentang pencegahan dasar Covid-19 yang hingha kini sedang mewabah.

Peserta yang hadir terlihat sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh Sumiati Surbakti. Tak hanya itu, peserta juga menyampaikan keluhan tentang pelayanan kesehatan yang mereka alami di Puskesdes Lubuk Kertang.

Warga mengeluhkan dengan pungutan biaya berobat di Puskesdes tersebut yang relatif mahal. “Kalau berobat disana (Puskesdes) kami selalu dipungut biaya. Biasanya, kalau sama suntik dikenakan biaya Rp30 – Rp40 ribu. Setau kami, berobat di Puskesdes kan gak bayar,” kesal Masitah.

Selain itu, mereka juga mengeluhkan pungutan di Posyandu setiap mereka membawa anaknya imunisasi. “Setiap ke Posyandu, kami selalu dikenakan biaya Rp10 ribu dengan alasan untuk pengganti biaya obat,” ungkap warga lain menimpali.

Dalam kegiatan tersebut, Sumiati Surbakti juga menyampaikan sosialisasi tentang pencegahan Covid-19 kepada peserta yang hadir. “Konsumsi vitamin C dan upayakan sesering mungkin minum air hangat. Jangan lupa selalu jaga kebersihan keluarga dan lingkungan. Semoga, kita semua terhindar dari penyakit yang berbahaya ini,” harapnya.

Wakil Ketua LSM Investigasi Tipikor Bambang Tri Atmaja juga tak mau ketinggalan, dirinya menyampaikan edukasi tentang hak setiap warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. “Keluhan warga akan kita tindaklanjuti ke instansi terkait,” tegasnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan acara buka puasa bersama di kediaman salah seorang anggota Kelompok Perempuan Indah Lestari. Setelah itu, para peserta yang terdiri dari kaum ibu itu kembali ke rumah masing-masing.